Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 adalah pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Inti Pengetahuan (KI-3) dan Kompetensi Inti Keterampilan (KI-4) Mapel Tematik Umum K13 bagi SD/MI Kelas 4 Semester 1. Setiap KD dipetakan dalam pembelajaran, subtema, dan tema dalam satu semester. Sehingga akan didapatkan daftar KD dan mupel apa saja yang termuat dalam suatu tema, subtema, maupun pembelajaran yang dilakukan.

Dengan tersusunnya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pertema, subtema, dan pembelajaran ini akan memudahkan guru kelas di madrasah dalam mengajarkan mata pelajaran Tematik Umum. Baik dalam perencanaan pembelajaran (penyusunan RPP) maupun saat pembelajaran berlangsung. Pun dalam menyusun perencanaan penilaian seperti pembuatan kisi-kisi soal baik penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester. Karena dari pemetaan KD tersebut akan terlihat dengan jelas, KD apa saja yang masuk dalam periode penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester.

Sehingga dengan adanya pemetaan KD, baik KI-3 maupun KI-4 pada kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 ini akan meminimalisir kesalahan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran maupun kesalahan dalam membuat soal penilaian. Memastikan masing-masing kompetensi dasar telah berada pada tema, subtema, maupun pembelajaran yang sesuai.

Pemetaan KD Kelas 4 Ganjil

Mengingat peran penting pemetaan KD KI-3 dan KI-4 tersebut ayo madrasah memberikan contoh pemetaan KD untuk KI-3 dan KI-4 kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas IV semester ganjil. Pemetaan KD ini disusun dalam bentuk file excel sehingga memudahkan bagi guru kelas yang ingin menggunakan ulang.

Selain pemetaan KI dan KD juga disertakan Distribusi KD Tematik Umum Kelas 4 Semester 1. Distribusi ini memuat ringkasan persebaran KD dan Mupel pada setiap tema.

Baca Juga:

1. Distribusi KD Kelas 4 Semester Ganjil


Mata pelajaran Tematik Umum Kelas 4 Semester 1 SD/MI terdiri atas lima mupel yang meliputi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya (SBDP). 

Kelima mupel tersebut diajarkan secara tematik dalam lima buah tema. Masing-masing tema terbagi dalam beberapa subtema. Dan setiap subtema diajarkan dalam 6 pembelajaran. Tema dan subtema dalam pelajaran Tematik Umum kelas 4 Semester Ganjil SD/MI adalah sebagai berikut:
  • Tema 1, Indahnya Kebersamaan, dengan subtema:
    • Keberagaman Budaya Bangsaku
    • Kebersamaan dalam Keberagaman
    • Bersyukur atas Keberagaman
  • Tema 2, Selalu Berhemat Energi, dengan subtema:
    • Sumber Energi
    • Manfaat Energi
    • Energi Alternatif
  • Tema 3, Peduli Terhadap Makhluk Hidup, dengan subtema:
    • Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
    • Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
    • Ayo Cintai Lingkungan
  • Tema 4, Berbagai Pekerjaan, dengan subtema:
    • Jenis-Jenis Pekerjaan
    • Pekerjaan di Sekitar Kita
    • Pekerjaan Orang Tuaku
  • Tema 5, Pahlawanku, dengan subtema:
    • Perjuangan Para Pahlawan
    • Pahlawan Kebanggaanku
    • Sikap Kepahlawanan

Kesemua kompetensi dasar dari mupel (Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Seni Budaya dan Prakarya) didistribukan dalam tema dan subtema di atas. Distribusi KD untuk KI Pengetahuan adalah sebagai berikut:
  • Tema 1 terdiri atas: 
    • PPKN KD 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia   yang terikat persatuan dan kesatuan
    • Bahasa Indonesia KD 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual; 
    • Bahasa Indonesia KD 3.2; Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual 
    • IPA KD 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
    • IPS KD 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia   ; serta hubungannya dengan karakteristik ruang
    • SBDP KD 3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
  • Tema 2 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari 
    • Bahasa Indonesia KD 3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual  
    • Bahasa Indonesia KD 3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual  
    • Bahasa Indonesia KD 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda
    • IPA KD 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif   (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
    • IPS KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
    • SBDP KD 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
  • Tema 3 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari  
    • Bahasa Indonesia KD 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara   menggunakan daftar pertanyaan
    • IPA KD 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
    • IPA KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya  
    • IPS KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
    • SBDP KD 3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel  
  • Tema 4 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila  
    • Bahasa Indonesia KD 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya)  
    • IPA KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya  
    • IPS KD 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar   sampai provinsi  
    • SBDP KD 3.1 Mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi
  • Tema 5 terdiri atas 
    • PPKN KD 3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila  
    • Bahasa Indonesia KD 3.7 Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi  
    • Bahasa Indonesia KD 3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi  
    • IPA KD 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan  
    • IPS KD 3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini  
    • SBDP KD 3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

Sedang untuk Matematika dan PJOK, sesuai Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016) tidak masuk dalam tematik.

Distribusi kompetensi dasar (KD) baik untuk KI-3 (pengetahuan) dan KI-4 (keterampilan) dapat disimak melalui gambar tabel berikut ini.

Distribusi KD Kelas 4 Ganjil

2. Unduh Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1


Dari distribusi KD di atas, disusunlah pemetaan KD yang lebih terperinci baik pertema, persubtema, maupun perpembelajaran. Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 4 Semester 1 tersebut disusun dalam file excel yang terbagi dalam lima sheet, yaitu:
  • Pemetaan KD KI-3 Per Subtema dan Pembelajaran Kelas 4 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-3 Per Tema dan Subtema Kelas 4 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-4 Per Subtema dan Pembelajaran 4 Semester Ganjil
  • Pemetaan KD KI-4 Per Tema dan Subtema Kelas 4 Semester Ganjil
  • Distribusi KD Kelas 4 Semester Ganjil

Sila unduh pemetaan KD (UNDUH FILE) | Alternatif Link : (UNDUH)

Baca Juga:

Bagi guru kelas SD/MI Kelas 4 yang membutuhkan pemetaan KD Kelas 4 Semester Ganjil silakan mengunduh dan menggunakannya sebagai pedoman dalam mengajarkan mata pelajaran Tematik Umum di kelasnya masing-masing.